Kuliah Tamu Reformasi Birokrasi

Bandarlampung. Jurusan Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menyelenggarakan kuliah tamu dengan narasumber Dr. Dwiyanto Indiahono, M.Si dari Universitas Jenderal Soedirman, Selasa 27/10/2020. Tema ini menarik diperbicangkan di tengah pandemi yang melanda Indonesia. Semua hal terpengaruh oleh Pandemi, mulai dari cara belajar, cara bekerja dan cara hidup. Tentunya merubah pula pola kerja dalam birokrasi.

Dalam pemaparan, Dr. Dwiyanto Indiahono menyampaikan gagasan bahwa birokrasi harus cepat beradaptasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang cepat berubah. Birokrasi harus belajar terhadap perubahan lingkungan secara cepat. Oleh karenanya birokrat ke depan adalah birokrat yang mampu bergerak cepat.

Konsep birokrasi postmodern, menurut Dr. Dwiyanto Indiahono berupaya menjadi alternatif dari gagasan birokrasi (paradigma) modern yang cendrung dehumunisasi.  Dalam konteks Indonesia, birokrasi modern yang mempromosikan nilai-nilai efisensi ternyata tidak bersifat absolut. Ada nilai yang lebih kontekstual, yakni nilai keadilan sosial. Hal ini yang perlu direfleksikan bersama. Kuliah tamu berjalan dengan sangat baik. Antusiasme peserta sangat besar di lihat dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam sesi diskusi. Ada 150 peserta yang mengikuti perkuliahan tamu yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan juga umum.