Review Jurnal – Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pada Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) PT. Pelabuhan Indonesia II (PERSERO) Cabang Panjang

Karya Tulisan bergenre jurnal yang ditulis oleh Nana Mulyana, Izzul Fatchu Reza , Maya Shela Andhiny

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan pada Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang Kota Bandar Lampung. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif. Penentuan informan berdasarkan kriteria informan yang diperoleh melalui teknik snowball sampling.

Lebih lanjut, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi atau mendorong kualitas pelayanan pada Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang Kota Bandar Lampung antara lain sumber daya manusia, pelayanan melalui sistem, sarana dan prasarana berorientasi pelanggan, dan program kegiatan dengan mengikutsertakan pelanggan.

Sedangkan faktor penghambat kualitas pelayanan pada PPSA yaitu disebabkan oleh faktor internal perusahaan, meliputi sistem atau jaringan yang berasal dari penyedia jaringan itu sendiri.

Link DOWNLOAD

Link WEBSITE