Journal Review – Strategi Political Marketing Untuk Pemilih Pemula Pada Pemilihan Gubernur Provinsi Lampung 2014 Menggunakan Teknik Analytical Hierarchy Process

ABSTRAK. Teknologi telah menjadi pusat perhatian masyarakat luas karena lahirnya fenomena globalisasi dimana promosi politik tidak lagi dilakukan secara tradisional tetapi telah menggunakan komunikasi media massa, untuk mempromosikan partai politik atau kandidat politik. Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran yaitu kumpulan alat pemasaran taktis terkendali yang dikombinasikan perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dari target pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah bertujuan untuk mengembangkan dan merekomendasikan strategi memprioritaskan apa yang harus disampaikan dalam kampanye apakah media sosial, media cetak, media elektronik dan media luar ruang selama kampanye Pemilu 2014. Metode deskriptif Gubernur Provinsi Lampung dalam penelitian ini adalah pendekatan AHP (Proses Hirarki Analitik). Hasil penelitian yang diperoleh adalah beberapa strategi alternatif yaitu bila dilihat dari produk politik, harga politik, promosi politik dan media serta prioritas politik yang baik untuk media luar ruang. Lebih banyak akan menjadi beberapa alternatif, adalah berkaitan dengan kegiatan pemasaran yang intens dan serius melalui ruang media lainnya.

Kata kunci: pemasaran politik, Analitycal Hierarchy Process, AHP 

References : 

Danial, A. (2009). Iklan Politik Televisi.yogyakarta : LKIS.

Firmanzah.(2008). Marketing Politik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Nursal, A. (2004). Political Marketing : Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. (2002). Management Pemasaran (Edisi Mellenium). Jakarta: PT. Prehalindo.

Saaty, T.L. (1993). Proses Hierarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasi yang Kompleks (terjemahan). Jakarta: PT. Pustaka Inaman Pressindo.

Sugiono, A. (2013). Strategic Political Marketing. Yogyakarta: Ombak Dua.

Syafrin. (2004). Diktat Komunikasi Pemasaran. Medan: Universitas Sumatera Utara.